• Sabtu, 3 Desember 2022

Unpad BandungKembangkan Tiga Komoditas Unggulan Laut Indonesia Melalui KJA di Pangandaran

- Rabu, 30 Maret 2022 | 10:00 WIB
Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung melalui Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) mengembangkan tiga komoditas laut Indonesia,yaitu lobster, kerapu dan bawal bintang.
Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung melalui Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) mengembangkan tiga komoditas laut Indonesia,yaitu lobster, kerapu dan bawal bintang.

KABUPATEN PANGANDARAN, jabaribernews.com -Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung melalui Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) mengembangkan tiga komoditas laut Indonesia,yaitu lobster, kerapu dan bawal bintang.

Ketiga komoditas unggulan tersebut di kembangkan lewat keramba jaring apung (KJA) di Pesisir Pantai Pangandaran.

Keramba Jaring Apung itu tidak hanya dikembangkan sebagai budi daya, namun juga menjadi media pembelajaran serta pengembangan wisata edukasi di Pangandaran.

Demikian dikatakan Dekan FPIK Unpad, Yudi Nurul Ihsan.

Baca Juga: Jelang Ramdhan 1443 H, Polres Majalengka Musnahkan Ribuan Miras

"Kita fokus di lobster karena menjadi salah satu ikhtiar menyelesaikan masalah lobster di Indonesia. Karena itu, budi daya lobster menjadi suatu penelitian FPIK Unpad,” kata Yudi saat mendampingi Rektor Unpad, Prof. Rina Indiastuti panen lobster dan kerapu di dermaga KJA FPIK , Pangandaran, Ahad (27/3).

Selain budi daya, KJA Intan juga dilengkapi dengan kolam khusus untuk pelatihan menyelam (diving). Yudi menjelaskan, kemampuan menyelam menjadi keterampilan wajib khususnya mahasiswa Prodi Ilmu Kelautan.

Untuk itu, lokasi ini menjadi sarana untuk pelatihan menyelam mahasiswa.

Dalam perkembangannya, kolam latihan tersebut tidak hanya digunakan mahasiswa FPIK Unpad. Beberapa mahasiswa kelautan dari perguruan tinggi lain pun ada yang melakukan latihan di kolam itu.

Halaman:

Editor: Nanang Supriatna

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Update Korban Gempa Bumi Cianjur

Rabu, 30 November 2022 | 17:29 WIB

Polri Siaga Pengamanan Menjelang KTT G20 di Bali

Jumat, 4 November 2022 | 12:21 WIB

Geger Penemuan Bayi di Toilet Pabrik PT SLI Majalengka

Selasa, 1 November 2022 | 15:36 WIB
X