• Senin, 28 November 2022

Kemenkes: Atisipasi Melonjaknya Omicron, Tenaga Kesehatan Terpapar COVID 19 Bisa Segera Dilibatkan Kembali

- Senin, 14 Februari 2022 | 08:01 WIB
dr. Siti Nadia Tarmizi M.Epid., Juru Bicara ok COVID-19 Kemenkes.
dr. Siti Nadia Tarmizi M.Epid., Juru Bicara ok COVID-19 Kemenkes.

jabaribernews.com -Melalui siaran pers tertulisnya (Ahad, 13/02/2022), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan mengantisipasi semakin tingginya kasus Omicron, mengatakan tenaga kesehatan yang terpapar COVID 19 bisa secepatnya dilibatkan lagi dalam pelayanan kesehatan.

“Tenaga kesehatan yang terkonfirmasi COVID19 baik asimptomatik atau gejala ringan bisa kembali bekerja lebih awal,” ujar Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmizi.

Tenaga kesehatan bergejala ringan dengan perbaikan gejala serta hilang demam lebih dari 24 jam tanpa obat, dapat kembali bekerja minimal 5 hari setelah gejala pertama muncul (Hari ke-0) ditambah 2x pemeriksaan NAAT dengan hasil negatif selang waktu 24 jam.

Baca Juga: Apresiasi Seni Siswa pada Ekskul Seni Budaya Terkena Dampak Omicron

Kata dr. Nadia tenaga kesehatan dengan risiko kontak erat atau terpapar COVID 19 yang sudah mendapat vaksin dosis ke-3 dapat kembali bekerja setelah hasil negatif pada hari ke-2 setelah terpapar.

''Tenaga kesehatan yang sudah mendapat vaksin dosis ke 2 atau belum divaksin dapat kembali bekerja jika tes NAAT negatif pada hari ke 1-2 setelah terpapar dan dapat diulang pada hari ke 5-7 dan tetap bekerja dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,'' tutur dr. Nadia.

Kebijakan tersebut ditemput, karena semakin meningkatnya kasus Omicron dengan tingkat penularan lebih tinggi dari varian sebelumnya, berdampak pada positive rate yang kian tinggi pada tenaga kesehatan.

“Banyaknya tenaga Kesehatan yang tertular dapat menyebabkan kondisi kontigensi sampai krisis tenaga kesehatan,” “ ujar dr. Nadia di Jakarta, Ahad (13/02/2022).

Baca Juga: Lemahnya Menjalankan Prokes Terkait Omicron Telah Mencemaskan Dunia Termasuk di Indonesia

Halaman:

Editor: Nanang Supriatna

Sumber: kemenkes

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Siaga Pengamanan Menjelang KTT G20 di Bali

Jumat, 4 November 2022 | 12:21 WIB

Geger Penemuan Bayi di Toilet Pabrik PT SLI Majalengka

Selasa, 1 November 2022 | 15:36 WIB
X