• Sabtu, 3 Desember 2022

Penemuan Prasasti Gemekan di Mojokerto, Konon Berisi Kalimat Kutukan Mpu Sindok.

- Jumat, 11 Februari 2022 | 23:01 WIB
Prasasti Gemekan Mojokerto yang konon berisi kutukan Mpu Sindok.
Prasasti Gemekan Mojokerto yang konon berisi kutukan Mpu Sindok.


jabaribernews.com -- Baru-baru ini, prasasti batu andesit bertuliskan aksara jawa kuno ditemukan di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Prasasti tersebut ditemukan saat tim ekskavasi melakukan penggalian sebuah reruntuhan situs purbakala di Dusun Kedawung, Desa Gemekan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

Ekskavasi atau penggalian tempat/benda purbakala di Situs Gemekan sudah berlangsung sejak Senin (07/02/2022) dan rencananya akan dilakukan selama 6 hari hingga tanggal 12 Pebruari nanti. Penggalian ini merupakan bagian dari program ekskavasi trowulan dan sekitarnya yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun dan kini sudah menjadi Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN).

Lokasi situs Gemekan berjarak kurang lebih 1 km sebelah timur situs Klinterjo Tribuana. Prasasti ditemukan dari balik reruntuhan pada hari Rabu siang (09/02/2022).

Baca Juga: 10 Istilah Kripto yang Perlu Diketahui oleh Pemula.

Prasasti batu tulis tersebut penuh berisi tulisan aksara Jawa kuno hingga ke pinggir-pinggirnya dengan pahatan yang rapi dan halus bagaikan hasil print laser, di sana tertulis tahun pembuatan 895 saka (937 Masehi).

Sejauh ini dikabarkan telah terbaca tulisan "Sri Maharaja Rake Hino Mpu Sindok Sri Isanawikrama Dharmmotunggadewa". Karena itu sebagian menyebut prasasti ini dengan sebutan prasasti Mahara Sindok. Konon isi tulisannya berupa kalimat-kalimat Sapatha atau Kutukan. Namun isi tulisan selengkapnya masih jadi bahan penelitian tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) adalah unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bidang pelestarian cagar budaya yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Kebudayaan.

BPCB bertugas melaksanakan pelindungan, pengembangan, dan pemanfaatan cagar budaya dan yang diduga cagar budaya yang berada di wilayah kerjanya. ***

 

Editor: Iim Nurhalimah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Update Korban Gempa Bumi Cianjur

Rabu, 30 November 2022 | 17:29 WIB

Polri Siaga Pengamanan Menjelang KTT G20 di Bali

Jumat, 4 November 2022 | 12:21 WIB

Geger Penemuan Bayi di Toilet Pabrik PT SLI Majalengka

Selasa, 1 November 2022 | 15:36 WIB
X