• Minggu, 27 November 2022

Panyajak Sunda, Ikutilah Lomba Sajak Berhadiah Piala Godi Suwarna Beserta Uang Tunai Puluhan Juta!

- Selasa, 1 Februari 2022 | 11:32 WIB
Lomba Maca Sajak Sunda Piala Godi Suwarna atas prakarsa Ketua DPRD Ciamis, H. Nanang Permana, SH.
Lomba Maca Sajak Sunda Piala Godi Suwarna atas prakarsa Ketua DPRD Ciamis, H. Nanang Permana, SH.

jabaribernews.com -- Menjelang Peringatan Hari Bahasa Ibu Sedunia atau International Mother Language Day tanggal 21 Pebruari mendatang, beberapa organisasi dan komunitas yang peduli pada bahasa ibu atau bahasa dan sastra daerah, sudah melakukan banyak persiapan untuk menyambut dan memeriahkan event tersebut.

Diantaranya dengan digelarnya berbagai seleksi dan perlombaan yang berhubungan dengan bahasa dan sastra daerah. Termasuk di wilayah Jawa Barat yang masih menuturkan bahasa Sunda sebagai bahasa ibu.

Salah satu lomba yang akan diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Ibu Sedunia di Jawa Barat yaitu : "Kongkur Maca Sajak Sunda Marebutkeun 'CACANGKIR SAJAK GODI SUWARNA'" (Lomba Baca Sajak Sunda Memperebutkan "Piala Sajak Godi Suwarna).

Baca Juga: Hermawan Kartajaya: Branding Terbaik untuk Kota Bandung adalah Bandung Kota Kreatif

Lomba Sajak ini diprakarsai oleh Ketua DPRD Kabupaten Ciamis sekaligus ketua DPC PDIP Kab. Ciamis, H. Nanang Permana SH. Beliau adalah salah satu politisi Kabupaten Ciamis yang menaruh perhatian besar pada kebudayaan daerah terutama budaya Sunda.

Sedangkan nama Godi Suwarna sudah bukan nama yang asing lagi di telinga warga Jawa Barat. Sastrawan dan budayawan Sunda asal Ciamis ini dikenal sebagai Maestro Sajak Sunda yang sudah melanglang buana ke Mancanegara.

Lomba kali ini pun sebagai penghargaan dan apresiasi atas karya-karya beliau dalam melestarikan dan mengembangkan sajak berbahasa Sunda. Karena itu perlombaan sajak kali ini khusus membacakan sajak-sajak pilihan Karya Godi Suwarna.

Baca Juga: Rina Nose Menggunakan Dialog Bahasa Sunda dalam Peran Nur Gadis Centil di Sitkom Anak Sekolah

Walaupun diprakarsai oleh Ketua DPRD Ciamis, namun Lomba atau dengan istilah jadul Kongkur ini terbuka untuk warga Jawa Barat secara umum, laki-laki maupun perempuan yang berusia 17 tahun ke atas serta dibatasi hanya untuk 150 peserta pendaftar pertama.

Pendaftaran dibuka sejak tanggal 1 Pebruari 2022 dan akan ditutup setelah jumlah pendaftar mencapai 150 peserta.

Halaman:

Editor: Iim Nurhalimah

Sumber: https://sajaksunda.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Siaga Pengamanan Menjelang KTT G20 di Bali

Jumat, 4 November 2022 | 12:21 WIB

Geger Penemuan Bayi di Toilet Pabrik PT SLI Majalengka

Selasa, 1 November 2022 | 15:36 WIB
X