• Minggu, 27 November 2022

Kubah Masjid JAI di Sintang Dibongkar, Wawan Djunaidi:: Agar Tetap sebagai Masjid

- Senin, 31 Januari 2022 | 06:30 WIB
Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kemenag, Wawan Djunaidi, mengimbau agar masjid JAI  tetap difungsikan sebagai masjid bagi seluruh umat Islam.
Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kemenag, Wawan Djunaidi, mengimbau agar masjid JAI tetap difungsikan sebagai masjid bagi seluruh umat Islam.

jabaribernews.com -Kubah masjid  JAI (Jemaah Ahmadiyah Indonesia) di Sintang Kalimantan Barat telah dibongkar dan bangunannya akan alih fungsi. 

Menanggapi hal itu Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kemenag, Wawan Djunaidi, mengimbau agar masjid JAI tersebut tetap difungsikan sebagai masjid bagi seluruh umat Islam.

“Rumah ibadah JAI yang sudah berdiri di Sintang agar dapat tetap difungsikan sebagai masjid yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh umat muslim, " ujarnya, Ahad (30/01/2022). 

Baca Juga: Pembentukan Karakter, Sosialisasi Keselamatan Lalulintas dan Penerapan Prokes pada Siswa

Menurut Wawan jika akan dimanfaatkan untuk fungsi yang lain, harus melalui musyawarah dengan jemaat Ahmadiyah sebagai pemilik lahan dan bangunan. 

Wawan seluruh kepala daerah memfasilitasi umat beragama yang mengusulkan penggunaan tempat ibadah sementara karena belum memenuhi syarat untuk mendirikan rumah ibadah.

Dalam Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 dan Nomor 8 Tahun 2006 disebutkan, pendirian rumah ibadah harus memenuhi persyaratan administratif, persyaratan teknis, dan persyaratan khusus. 

Persyaratan khusus tersebut antara lain, terdapat 90 jiwa calon pengguna rumah ibadah.

Baca Juga: Literasi di Kabupaten Majalengka dan Dody Jaya

Halaman:

Editor: Nanang Supriatna

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Siaga Pengamanan Menjelang KTT G20 di Bali

Jumat, 4 November 2022 | 12:21 WIB

Geger Penemuan Bayi di Toilet Pabrik PT SLI Majalengka

Selasa, 1 November 2022 | 15:36 WIB
X