Basa Sunda Diusik, Urang Sunda Ngulisik, Buntut Pernyataan Arteria Dahlan yang Meresahkan

- Selasa, 18 Januari 2022 | 15:41 WIB
Orang Sunda meradang atas pernyataan Arteria Dahlan.
Orang Sunda meradang atas pernyataan Arteria Dahlan.

jabaribernews.com -- Pemerhati dan penutur Basa Sunda saat ini kembali dibuat "geunjleung". Pasalnya salah seorang politisi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI membuat pernyataan yang dinilai menyinggung Urang Sunda.

“Ada kritik sedikit. Ada Kajati yang dalam rapat dalam raker itu ngomong pake Bahasa Sunda. Ganti Pak itu,” ucap anggota DPR RI Komisi III dari Fraksi PDIP Arteria Dahlan sebagaimana yang terekam dalam video yang kini tersebar di berbagai media.

Kalimat tersebut diucapkan Arteria Dahlan dalam rapat kerja anggota DPR RI, Senin 7 Januari 2022 yang lalu.

Baca Juga: Cek 10 Indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Rumah Tangga, Sudahkah Diterapkan di Keluarga?

Beberapa tokoh beranggapan bahwa pernyataan tersebut dinilai sangat berlebihan dan melukai penutur bahasa daerah, terutama bahasa Sunda.

Beberapa politisi lain bahkan sudah menyatakan tanggapan atas pernyataan Arteria Dahlan. Diantaranya dari Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan, TB Hasanudin dan Fraksi Partai Golkar Dedi Mulyadi.

Beberapa budayawan dan tokoh-tokoh Kasundaan bahkan sudah membuat pernyataan sikap dan gerakan-gerakan untuk mengajukan tuntutan.

Baca Juga: Lirik Lagu Noah Mungkin Nanti dan Versi Bahasa Jepang Moshimo Mata Itsuka

Jurnalis sekaligus Ketua Paguyuban Panglawungan Sastra Sunda (PP-SS) Cecep Burdansyah bahkan sudah membuat surat terbuka mengajak segenap masyarakat Sunda sebagai penutur bahasa Sunda, organisasi yang ada di tatar Sunda, dan atau penutur bahasa daerah yang mempunyai perhatian dan komitmen pada bahasa daerah, juga media massa untuk membuat tuntutan atas pernyataan Arteria Dahlan.

Dalam surat terbuka tersebut tertulis tuntutan sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Iim Nurhalimah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Stasion Bandung, Semakin Sore Semakin Padat

Kamis, 5 Januari 2023 | 16:03 WIB

KUHP Tidak Berlaku untuk Kegiatan Kemerdekaan Pers

Jumat, 9 Desember 2022 | 14:48 WIB
X