• Kamis, 28 September 2023

Lima Pesan Wapres kepada Insinyur Indonesia

- Jumat, 17 Desember 2021 | 14:58 WIB
Wapres Ma'ruf Amin.*
Wapres Ma'ruf Amin.*

jabaribernews.com -Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin, pada pembukaan Kongres ke-22 Persatuan Insinyur Indonesia (PII) di Nusa Dua, Bali, Jumat (17/12/2021) menyampaikan lima pesan kepada insinyur Indonesia.

Ke lima pesan itu dimaksudkan untuk mewujudkan visi Indonesia Maju dan Sejahtera. Dalam kaitannya dengan insinyur Indonesia, pemerintah telah menyusun program-program pembangunan, salahsatunya di bidang infrastruktur.

Program ini, kata Wapres, merupakan bagian dari upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Oleh karena itu, peran para insinyur Indonesia sangat diperlukan guna mewujudkan cita-cita ini.

Baca Juga: Wujudkan Target Pusat Industri Halal Dunia, Dibentuk Lembaga Pemeriksaan Halal

“Tahun 2021 saja, Pemerintah melalui Permenko Perekonomian telah menetapkan pembangunan 208 Proyek dan 10 Program Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan nilai investasi mencapai Rp5.600 triliun,” tutur.

Karena itu Wapres menyampaikan lima pesan kepada insinyur Indonesia dalam melaksanakan program pembangunan, khususnya insfrasturuktur.

Pertama, dalam rangka Presidensi Indonesia di G20, PII dapat merumuskan rekomendasi kebijakan dan rencana aksi, khususnya terkait tiga fokus yang disampaikan Bapak Presiden," ujar Wapres.

Menurut Wapres, banyak peluang, kesempatan, dan kekuatan dalam negeri yang dapat dikolaborasikan dengan negara-negara lain untuk mendukung pembangunan nasional.

Kedua, dengan pengalaman organisasi selama 70 tahun sejak didirikan dan banyaknya anggota yang tersebar di seluruh Indonesia, PII harus dapat menjadi sarana komunikasi dan kerja sama untuk menghasilkan karya terbaik anak bangsa.

“Saya harapkan, ke depan PII menjadi wadah komunikasi dan sinergi para insinyur Indonesia yang lebih efektif dan menghasilkan karya-karya yang lebih besar lagi,” ucap Wapres.

Baca Juga: Wujudkan Target Pusat Industri Halal Dunia, Dibentuk Lembaga Pemeriksaan Halal

Ketiga, PII perlu memperkuat inisiasi dalam melakukan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, terutama untuk memperkuat ekosistem riset dan inovasi.

“Insinyur profesional memainkan peranan penting dalam menciptakan inovasi dan rekayasa teknologi yang akan mempercepat pembangunan,” tegas Wapres.

Keempat, PII diharapkan dapat terus mengembangkan kompetensi para anggotanya dan memaksimalkan potensi insinyur profesional untuk dikontribusikan di berbagai bidang.

Halaman:

Editor: Nanang Supriatna

Sumber: wapresri.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X