• Senin, 5 Desember 2022

Mengubah Industri Ekstraktif, Transisi Energi Perlu Dikomunikasikan

- Jumat, 3 Desember 2021 | 22:38 WIB
Kurangi Emisi, PLTU Sumsel 8 Gunakan Teknologi Flue Gas Desulphurization (foto: Kementrian ESDM).*
Kurangi Emisi, PLTU Sumsel 8 Gunakan Teknologi Flue Gas Desulphurization (foto: Kementrian ESDM).*

jabaribernews.com -Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat energi primer Indonesia saat ini didominasi oleh bahan bakar fosil, berkontribusi sekitar 87,8 persen dari total energi primer.

Pembakarannya berdampak pada perubahan iklim. Maka dari itu, Kementerian ESDM memandang transisi energi merupakan keniscayaan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Menurut Kementerian ESDM, pemerintah Indonesia juga telah berkomitmen untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) pada 2060 atau lebih cepat.

Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan transparansi data dari kegiatan industri ekstraktif, yakni industri minyak dan gas bumi (migas) serta mineral dan batubara (minerba).

“Industri ekstraktif sangat kental dengan pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) yang intensitas karbonnya cukup tinggi,” ujar Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian ESDM, Agus Cahyono Adi.

Di sisi lain, menurut Agus, pemanfaatan industri ekstraktif untuk sektor ekonomi sudah terbukti memberikan dampak yang positif.

Beberapa perkembangan daerah yang sangat berhasil, dengan di-trigger industri ekstraktif, kemudian bisa menjadi kota sampai sekarang.

Dalam Dialog Kebijakan Tematik "Pentingnya Transparansi Industri Ekstraktif dalam Pembangunan Berkelanjutan Rendah Karbon", Jumat (3/12), Agus menilai transisi energi akan mengubah wajah industri ekstraktif.

Perubahan tersebut berdampak kepada seluruh pemangku kepentingan, mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Badan Usaha, hingga masyarakat.

Halaman:

Editor: Nanang Supriatna

Sumber: Kementerian ESDM

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Update Korban Gempa Bumi Cianjur

Rabu, 30 November 2022 | 17:29 WIB

Polri Siaga Pengamanan Menjelang KTT G20 di Bali

Jumat, 4 November 2022 | 12:21 WIB

Geger Penemuan Bayi di Toilet Pabrik PT SLI Majalengka

Selasa, 1 November 2022 | 15:36 WIB
X