• Sabtu, 3 Desember 2022

Ustadz Khalid Basalamah: Saya Tidak Pernah Mengatakan Bahwa Wayang itu Haram

- Selasa, 15 Februari 2022 | 19:10 WIB
Ustadz Khalid Basalamah saat membuat video klarifikasi.
Ustadz Khalid Basalamah saat membuat video klarifikasi.

jabaribernews.com -- Ustadz Khalid Basalamah menuai kontroversi dengan salah satu potongan video dakwahnya yang menjawab pertanyaan jama'ah mengenai hukum menonton wayang.

Menurut beliau, segala hal yang tidak berkaitan dengan kebudayaan Islam sebaiknya ditinggalkan dan diganti dengan kebudayaan yang sesuai dengan ajaran Islam.

"Tanpa mengurangi penghormatan terhadap tradisi dan budaya semua suku, di Indonesia. Suku Bugis, Suku Makasar, suku Jawa, semua ini, kita tidak akan berbicara dalam ceramah seperti ini bukan menjatuhkan, sama sekali." Begitu ujar Ustadz Khalid Basalamah saat menjawab pertanyaan jama'ahnya tersebut.

Baca Juga: 10 Istilah Kripto yang Perlu Diketahui oleh Pemula.

"Tapi kita harus sudah tahu dan sadar bahwa kita muslim. Dan kita muslim ini dipandu oleh agama. Makanya saya bilang caranya adalah harusnya Islam dijadikan tradisi dan budaya." Demikian tambahnya.

Dalam ceramahnya tersebut, ditambahkan pula bagi dalang yang ingin bertobat dari dunia pewayangan, sebaiknya wayang-wayangnya dimusnahkan.

Setelah video tersebut viral di media sosial, bahkan sempat tersiar kabar akan dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri oleh Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi), Ustadz Khalid Basalamah segera membuat video klarifikasi.

Baca Juga: Buah Membusuk Sebelum Waktunya? Cobalah Perangkap Lalat Buah Sederhana

Pria 46 tahun kelahiran Makasar yang bernama lengkap Dr. Khalid Zeed Abdullah Basalamah, Lc., M.A. itu menyatakan bahwa  tak ada niatan sama sekali untuk menjelek-jelekkan kebudayaan Nusantara.

Halaman:

Editor: Iim Nurhalimah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Isa Perkasa dan Hajat Mahabbah Perupa Bandung

Jumat, 18 Februari 2022 | 07:01 WIB
X