• Kamis, 29 September 2022

Pelatihan Pembuatan Agen Hayati Fungisida Alami di Forum Berbagi Petani Desa Mekarsari

- Rabu, 9 Februari 2022 | 12:43 WIB
Pelatihan pembuatan agen hayati biofungisida di Balai Desa Mekarsari.
Pelatihan pembuatan agen hayati biofungisida di Balai Desa Mekarsari.


jabaribernews.com -- Untuk bisa meningkatkan produksi pertanian dengan tetap menekan biaya operasional atau biaya produksi sehemat mungkin, maka para petani diharapkan untuk bisa membuat sendiri pupuk organik dan obat pembasmi hama, sehingga tidak tergantung pada pupuk dan obat kimia buatan pabrik.

Karena itu, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis mengadakan pelatihan pembuatan agen hayati bio fungisida Trichoderma harzianum.

Pelatihan ini diberikan oleh tim Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dari BPP Kecamatan Cipaku yang terdiri dari Inding Supriadi, Eka Rosliana, Santi,dan Nendi Setiawan. Didampingi pula oleh koordinator BPP Cipaku, Aas Surachmanudin.

Baca Juga: Lirik Lagu Maher Zain For The Rest of My Life atau Sepanjang Hidup, Lagu Religi nan Romantis

Pelatihan pembuatan bio fungisida ini merupakan salah satu materi dari kegiatan Forum Berbagi Petani SL (Sekolah Lapang) IPDMIP (Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program) untuk mengedukasi para petani dari generasi milenial.

Pelatihan ini diikuti oleh 25 peserta SL dari 2 desa pelaksana program IPDMIP yaitu Desa Mekarsari dan Desa Selacai serta dilaksanakan di Balai Desa Mekarsari Dusun Nanggewer.

Di dalam forum ini dijelaskan mengenai kegunaan dan tata cara pembuatan bio fungisida Trichoderma.

Baca Juga: Doa Memohon Kemudahan Melalui Segala Kesukaran

Bio fungisida adalah semua jenis organisme hidup atau agen hayati dengan media pembawa tertentu untuk dapat menghambat pertumbuhan patogen yang dapat digunakan untuk mengendalikan pertumbuhan jamur penyebab penyakit atau hama pada tanaman, hewan, dan manusia.

Salah satu mikroorganisme fungsional yang dikenal luas sebagai pupuk biologis tanah dan bio fungisida adalah jamur Trichoderma sp. Mikroorganisme ini adalah jamur penghuni tanah yang dapat diisolasi dari perakaran tanaman lapangan.

Halaman:

Editor: Iim Nurhalimah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelepasan dan Kelulusan Siswa SMPN 1 Cisalak

Selasa, 28 Juni 2022 | 13:00 WIB

Camat Cisalak Monitoring Pelaksanaan Ujian SD

Rabu, 25 Mei 2022 | 13:00 WIB

Narkoba Sebagai Proxy War yang Harus Terus Ditekan

Senin, 21 Februari 2022 | 14:57 WIB

Terpopuler

X