• Sabtu, 3 Desember 2022

Pembelajaran Tatap Muka Disambut Gembira

- Senin, 10 Januari 2022 | 12:36 WIB
Suasana upacara pengibaran bendera setelah hampir dua tahun tak dilaksanakan di sekolah.
Suasana upacara pengibaran bendera setelah hampir dua tahun tak dilaksanakan di sekolah.

jabaribernews.com -- Setelah selama 2 tahun diombang-ambing pandemi, akhirnya sekolah-sekolah serentak membuka kembali Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara penuh pada tanggal 10 Januari 2021. Walaupun tentu saja dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Selama di lingkungan sekolah, anak-anak diwajibkan memakai masker dan menjaga kebersihan terutama mencuci tangan.

Pembelajaran yang tersendat semenjak pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sekitar bulan April 2020 silam, menyebabkan terganggunya dunia pendidikan di Indonesia.

Baca Juga: Melalui Media Game Serapan Edukasi Dapat Dilakukan, Ditjen Vokasi Kerja Sama dengan Industri Game

Penerapan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau sekolah daring (dalam jaringan) dinilai kurang efektif dan tidak bisa menjangkau seluruh peserta didik.

Selain karena tidak semua siswa memiliki gadget atau perangkat komunikasi yang diperlukan, sebagian terkendala juga dengan kegagapan teknologi, lemahnya jaringan seluler, dan harga paket data yang dirasa mahal oleh beberapa keluarga siswa yang kurang mampu.

Berbagai kesulitan dan keluhan dirasakan selama penerapan sekolah dari rumah, baik dari peserta didik, orang tua murid, maupun guru dan pihak sekolah sendiri.

Berbagai cara dan metode sudah coba dilakukan oleh para tenaga pendidik agar pembelajaran bisa tetap diberikan sesuai kurikulum meski secara jarak jauh dan kondisi terbatas.

Baca Juga: Mulai Senin, 10 Desember 2022, Siswa Semua Tingkatan Masuk Sekolah, Prokes Harus Tetap Ditegakan

Namun situasi pandemi yang tak kunjung berhenti membuat dunia pendidikan makin kelimpungan. Berbagai peraturan dan kebijakan pemerintah yang diterapkan silih berganti membuat para tenaga pendidik harus bisa menyesuaikan metode belajar dengan kondisi yang ada di lingkungan sekolahnya masing-masing.

Halaman:

Editor: Iim Nurhalimah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelepasan dan Kelulusan Siswa SMPN 1 Cisalak

Selasa, 28 Juni 2022 | 13:00 WIB

Camat Cisalak Monitoring Pelaksanaan Ujian SD

Rabu, 25 Mei 2022 | 13:00 WIB

Narkoba Sebagai Proxy War yang Harus Terus Ditekan

Senin, 21 Februari 2022 | 14:57 WIB
X