• Selasa, 6 Desember 2022

Kurikulum Prototipe Memberikan Otoritas pada Satuan Pendidikan

- Rabu, 22 Desember 2021 | 16:05 WIB
Pelaksana Tugas Kepala Pusat Perbukuan Kemendikbudristek, Supriyatno memberi penjelasan tentang tiga opsi kurikulum pada guru-guru di Aceh.*
Pelaksana Tugas Kepala Pusat Perbukuan Kemendikbudristek, Supriyatno memberi penjelasan tentang tiga opsi kurikulum pada guru-guru di Aceh.*

jabaribernews.com -Guna mendorong pemulihan pembelajaran, mulai tahun 2022 hingga 2024 semua satuan pendidikan diberikan tiga opsi dalam Kurikulum Nasional: Kurikulum 2013, Kurikulum Darurat, dan Kurikulum Prototipe.

Kurikulum Prototipe diberikan sebagai opsi tambahan bagi satuan pendidikan untuk melakukan pemulihan pembelajaran selama 2022-2024.

Demikian dikatakan Pelaksana Tugas Kepala Pusat Perbukuan Kemendikbudristek, Supriyatno.

Baca Juga: Kulineran Sate Maranggi Dini Hari di Plered, Purwakarta, Nikmati Suasana Malam di Kota Kramik

Supriyatno mengatakan hal itu pada Sosialisasi Buku dan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, di Kantor Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), di Kabupaten Aceh Besar, Selasa (21/12/2021).

Menurut Supriyanto dalam pengembangan Kurikulum Prototipe, Kemendikbudristek melakukan penyusunan dan pengembangan struktur kurikulum, capaian pembelajaran, prinsip pembelajaran, hingga asesmen.

“Untuk Kurikulum Prototipe ini satuan pendidikan diberikan otoritas, dalam hal ini guru, sehingga sekolah memiliki keleluasaan. Karena yang dituntut adalah capaian pembelajaran di tiap fase,” ujarnya.

Baca Juga: Jawa Barat Masih Mendominasi Investasi dalam Negeri dan Investasi Asing

Di Kurikulum Prototipe terdapat fase A, B, C, D, dan E. Fase-fase ini memberikan keleluasaan pada guru bagaimana mencapai capaian pembelajaran di masing-masing fase.

Dengan begitu, lanjut Supriyatno, operasional pada Kurikulum Prototipe bisa dikembangkan di satuan pendidikan. Sekolah diberikan keleluasaan untuk memilih atau memodifikasi perangkat ajar .

Halaman:

Editor: Nanang Supriatna

Sumber: kemendikbud.go.id

Artikel Terkait

Terkini

Pelepasan dan Kelulusan Siswa SMPN 1 Cisalak

Selasa, 28 Juni 2022 | 13:00 WIB

Camat Cisalak Monitoring Pelaksanaan Ujian SD

Rabu, 25 Mei 2022 | 13:00 WIB

Narkoba Sebagai Proxy War yang Harus Terus Ditekan

Senin, 21 Februari 2022 | 14:57 WIB
X