Kabar Baik untuk Santri, Rekrutmen Anggota Polri dari Santri hingga Hafiz Quran Terus Dilakukan

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 09:08 WIB
Irjen Pol Dedi Prasetyo.
Irjen Pol Dedi Prasetyo.

jabaribernews.com -“Sejak 2017, Polri  konsisten membuka rekrutmen anggota Polri bersumber dari pesantren, hafiz Alquran hingga siswa berprestasi agama lainnya,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo (2/12/2021).

Irjen Pol Dedi Prasetyo mengemukakan hal itu  menanggapi usulan cendekiawan muslim, Ahmad Syafi’i Ma’arif atau Buya Syafi’i yang meminta santri berkualitas direkrut dalam pendidikan Akademi Kepolisian (Akpol).

Buya Syafii dalam video yang diunggah akun Twitter @ budhihermanto (30/11/2021) mengusulkan kepada Polri institusi Polri merekrut santri berkualitas untuk bergabung dalam pendidikan Akpol.

Baca Juga: Presiden Meminta Kepolisian Menghormati Kebebasan Pendapat

Dalam video itu Buya menilai rekrutmen santri menjadi polisi akan mempermudah Polri dalam menangani radikalisme.

“Tidak usah banyak-banyak. Tujuannya apa? Untuk mendampingi polisi menghadapi kelompok-kelompok yang menyimpang ini. Kelompok-kelompok yang anti-Pancasila, kelompok-kelompok radikal. Itu kalau polisi mengerti agama, mengerti bahasa mereka, akan lebih mudah,” tuturnya.

Menurut Buya Syafii, Polri harus proaktif mencari santri yang layak masuk Akpol. Dicari betul-betul berkualitas, sama seperti yang lain. Mereka mengerti kitab kuning, mengerti kitab-kitab agama, seperti yang dipahami kelompok radikal.

Irjen Pol Dedi Prasetyo  mengatakan Polri dari tahun 2017 sampai dengan saat ini sudah melaksanakan rekrutmen anggota Polri dari Perwira sampai Bintara yang memiliki latar belakang santri, hafiz Quran, juara MTQ dan siswa berprestasi agama lainnya dari berbagai provinsi.

Dedi menjelaskan, sejak tahun 2017 sudah puluhan santri dari pesantren mengikuti pendidikan baik Bintara maupun Perwira. Rinciannya, 44 santri mengikuti pendidikan Bintara dan 47 santri mengikuti pendidikan Perwira.

Halaman:

Editor: Nanang Supriatna

Sumber: Humas Polri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelepasan dan Kelulusan Siswa SMPN 1 Cisalak

Selasa, 28 Juni 2022 | 13:00 WIB

Camat Cisalak Monitoring Pelaksanaan Ujian SD

Rabu, 25 Mei 2022 | 13:00 WIB

Narkoba Sebagai Proxy War yang Harus Terus Ditekan

Senin, 21 Februari 2022 | 14:57 WIB
X