• Sabtu, 3 Desember 2022

Kemendikbudristek Gelar Simposium Regional Pengembang Teknologi Pembelajaran

- Minggu, 21 November 2021 | 09:41 WIB
Simposium Regional Pengembang Teknologi Pembelajaran Tahun 2021 (Kemendikbudristek) (Nanang)
Simposium Regional Pengembang Teknologi Pembelajaran Tahun 2021 (Kemendikbudristek) (Nanang)

 

Jabaribernews -Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) selaku Instansi Pembina Teknis Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran (JF–PTP) menggelar Simposium Regional Pengembang Teknologi Pembelajaran Tahun 2021.

Simposium, secara hybrid, luring dan daring, berlangsung 18 – 20 November 2021 di InterContinental Jakarta Pondok Indah. “Simposium tidak hanya diikuti oleh PTP Kemendikbudristek,” ujar Purwanto, Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Utama, Pusdatin Kemendikbudristek.

PTP dari lintas Kementerian yang berjumlah 61 Kementerian, Lembaga juga turut serta. Di samping itu, hadir juga dari berbagai kalangan: guru, dosen, peneliti, pemerhati di bidang teknologi pembelajaran, serta pemangku kepentingan lainnya.

Jumlah peserta yang mengikuti simposium ini sebanyak 120 peserta yang hadir secara luring dan 400 peserta secara daring. “Kita berharap simposium ini bisa dijadikan loncatan dalam pengembangan teknologi pemebelajar, “ kata Purwanto dalam siaran pers humas Kemdikbudristek.

Baca Juga: Kabupaten Bandung Tuan Rumah Binojakrama ke-37 Wayang Golek Purwa

Dengan demikian, lanjut Purwanto, para peserta didik yang melakukan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi ini tidak banyak yang mengalami learning loss, malah akan semakin cepat belajar dengan adanya teknologi.

Pada simposium ini, Kemendikbudristek menghadirkan narasumber dan pakar yang kompeten di bidang pengembangan SDM dan teknologi pembelajaran, antara lain Prof Denise Whitelock B.Sc. M.Ed Ph.D; Director for the Institute of Educational Technology at The Open University, United Kingdom, Prof. Dr. M. Atwi Suparman, M.Sc.

Selain itu Prof. Ojat Darojat, Dip. Mgt., M.Bus., Ph.D., Universitas Terbuka; Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc.; Prof. Dr. Ahmad Nizar Hidayanto, M.Kom, Universitas Indonesia, dan lainnya.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti dalam sambutannya mengatakan parapengembang teknologi pembelajaran harus terus mengembangkan kompetensi dirinya dengan berbagai macam mekanisme.

“Tidak harus selalu bertemu, melatih diri dengan cara tetap mencari, membangun diri secara mandiri. Tentu kolaborasi juga menjadi kunci baik itu dengan pemerintah, teman sesama PTP baik itu di Kemendikbudristek maupun di kementerian lain,” tutur Suharti saat membuka simposium secara virtual, di Jakarta (18/11).

Halaman:

Editor: Nanang Supriatna

Sumber: kemdikbud.go.id

Tags

Terkini

Pelepasan dan Kelulusan Siswa SMPN 1 Cisalak

Selasa, 28 Juni 2022 | 13:00 WIB

Camat Cisalak Monitoring Pelaksanaan Ujian SD

Rabu, 25 Mei 2022 | 13:00 WIB

Narkoba Sebagai Proxy War yang Harus Terus Ditekan

Senin, 21 Februari 2022 | 14:57 WIB
X