• Senin, 28 November 2022

Radio dan Kepercayaan, tema World Radio Day 13 Pebruari 2022, Harapan Radio Menjadi Media yang Terpercaya.

- Minggu, 13 Februari 2022 | 20:04 WIB

jabaribernews.com -- Tanggal 13 Pebruari diperingati sebagai World Radio Day atau Hari Radio Sedunia. Peringatan Hari Radio ini mulai diproklamirkan pada tanggal 3 November 2011 oleh Konferensi Umum ke-36 UNESCO.

Tema peringatan Hari Radio pada taun 2022 adalah "Radio and Trust" atau "Radio dan Kepercayaan". Dengan tagline: "Yes to Radio, Yes to Trust". Tema ini diangkat sejalan dengan situasi pada masa ini, di mana diantara makin beragam dan maraknya media-media komunikasi terutama media digital, membuat laju informasi menjadi sulit dikendalikan dan sulit dibatasi. Diharapkan radio sebagai salah satu media paling tua bisa menjadi media penyebaran informasi yang masih bisa dipercaya.

Walau radio terkesan kuno dan kini orang-orang lebih banyak yang beralih ke media televisi, media cetak maupun beragam media digital di internet yang lebih menarik dan interaktif, namun terbukti siaran radio masih banyak digunakan dan diminati beberapa kalangan hingga saat ini.

Baca Juga: Sinopsis Attack on Titan Final Season Part 2 Episode 5 : Merangkul Ymir, Rumbling Dimulai

Radio adalah salah satu jenis media massa satu arah yang berperan untuk menyampaikan pesan berupa informasi, edukasi dan hiburan kepada masyarakat dengan jangkauan yang luas. Daya jangkaunya bahkan mencapai masyarakat di lokasi terpencil dalam waktu cepat dan biaya relatif murah.

Selain itu, radio juga dapat diakses secara mudah, tidak diperlukan keterampilan khusus dari penerima seperti keterampilan membaca, bahkan bisa diakses oleh orang yang memiliki keterbatasan indra penglihatan.

Keunggulan lain dari radio adalah sifatnya yang santai, karena sifatnya auditori (untuk didengarkan), serta bisa disimak sambil melakukan aktivitas lain apalagi pada saat seperti sekarang ini di mana aktivitas dan mobilitas masyarakat semakin padat.

Baca Juga: Doa Nabi Adam Memohon Ampunan Setelah Terusir dari Surga, Dilengkapi Nadhom Bahasa Sunda.

Secara umum radio  adalah suatu teknik atau teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik dan mengubah gelombang radio menjadi suara. Gelombang ini menyebar dan merambat melalui udara dan ruang, bahkan bisa merambat di ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut.

Halaman:

Editor: Iim Nurhalimah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nyupang Sapejetna di Tengah Harapan yang Tetap Tumbuh

Selasa, 22 Februari 2022 | 12:00 WIB

All New Honda Vario 160 Skutik Premium yang Sporti

Jumat, 4 Februari 2022 | 07:30 WIB

Figure, Versi Lain Spirit Doll Bagi Para Kolektor

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:00 WIB

Tips Ringan Mengatasi Susah Tidur

Senin, 10 Januari 2022 | 21:28 WIB

Tips Memasak Sayuran Agar Manfaatnya Maksimal

Minggu, 9 Januari 2022 | 19:53 WIB
X