• Selasa, 6 Desember 2022

Figure, Versi Lain Spirit Doll Bagi Para Kolektor

- Rabu, 19 Januari 2022 | 19:00 WIB
Sekilas figure hanya tampak seperti mainan anak-anak. Namun figure ternyata benda koleksi yang sangat berharga bagi para pehobi.
Sekilas figure hanya tampak seperti mainan anak-anak. Namun figure ternyata benda koleksi yang sangat berharga bagi para pehobi.

jabaribernews.com -- Spirit doll sebagai barang koleksi atau bahan healing dan rekreasi memang baru trending akhir-akhir ini. Namun sejatinya, benda-benda Mainan seperti boneka memang sudah lumrah dijadikan collectible item atau benda-benda koleksi.

Bentuk Mainan collectible item yang lain selain boneka biasanya berupa miniatur atau replika kendaraan, replika robot rakitan (gundam) maupun replika tokoh manusia tertentu yang disebut figure.

Bagi orang awam, orang dewasa membeli apalagi mengumpulkan Mainan berupa boneka atau figure mungkin dianggap aneh, nyeleneh, atau kekanak-kanakan. Padahal dilihat dari harga belinya pun, figure bukanlah barang Mainan yang bisa dijangkau daya beli anak-anak. Harganya berkisar dari puluhan dan ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Baca Juga: Upin dan Ipin Membantah Hoax Tentang Anak Kembar yang Meninggal di Kehidupan Nyata

Secara umum orang memahami figure sebagai Mainan miniatur atau replika (tiruan) suatu tokoh (karakter). Baik karakter film, komik, kartun, atau animasi. Bentuk dan fungsinya pun beragam, ada yang bisa digerakkan, ada yang bisa diganti baju atau aksesoriesnya, dan ada juga yang hanya dijadikan pajangan.

Figure sendiri terdiri dari beberapa jenis, sebagaimana yang dijelaskan oleh salah satu kolektor figure asal Bandung, Andry Septian berikut ini:

1. ACTION FIGURE (AF)
Yaitu figure yang dapat melakukan aksi atau gerakan. Memiliki titik artikulasi atau join di bagian tangan, kaki, kepala dan bagian persendian lainnya sehingga kita bisa memposekannya sesuai keinginan. Selain itu AF biasanya punya aksesori tambahan seperti wajah atau senjata tambahan yang bisa dibongkar pasang.

Baca Juga: Profil Arteria Dahlan, Anggota Dewan yang kontroversial.

2. FIGURINES
Bentuknya serupa dengan action figure, ukurannya relatif kecil tapi ada juga yang lumayan besar. Terpahat dengan baik namun figurine tidak memiliki artikulasi jadi tidak bisa digerakkan maupun gonta-ganti pose.

Halaman:

Editor: Iim Nurhalimah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nyupang Sapejetna di Tengah Harapan yang Tetap Tumbuh

Selasa, 22 Februari 2022 | 12:00 WIB

All New Honda Vario 160 Skutik Premium yang Sporti

Jumat, 4 Februari 2022 | 07:30 WIB

Figure, Versi Lain Spirit Doll Bagi Para Kolektor

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:00 WIB

Tips Ringan Mengatasi Susah Tidur

Senin, 10 Januari 2022 | 21:28 WIB

Tips Memasak Sayuran Agar Manfaatnya Maksimal

Minggu, 9 Januari 2022 | 19:53 WIB
X