• Selasa, 6 Desember 2022

Cake Gagal Bikin Kesal? Perhatikan Tips-Tips Berikut.

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 22:18 WIB
Kebahagiaan tersendiri saat berhasil membuat cake yang sesuai ekspektasi.
Kebahagiaan tersendiri saat berhasil membuat cake yang sesuai ekspektasi.

jabaribernews.com -- Bagi yang sedang belajar memasak, tentu sering mengalami hasil masakannya gagal. Bahkan yang sudah mahir sekalipun sekali-kali ada saja hasil masakan yang tak memuaskan.

Termasuk dalam membuat cake atau kue bolu. Bagi yang kurang terampil atau kurang pengalaman, sering sekali hasil olahannya tidak sesuai dengan ekspektasi.

Bentuk kegagalannya bisa berupa cake tidak mengembang alias bantat, kempes, atau bahkan teksturnya terlalu padat dan keras.

Berikut tips-tips cara menghindari gagal saat membuat cake sebagaimana dirangkum dari "Buku Pintar Membuat Cake" karya Diah Surjani Ananto.

Baca Juga: Khasiat Seledri Bukan Sekedar Pewangi Tapi Anti Hipertensi

1. Pastikan peralatan yang hendak digunakan benar-benar bersih, kering dan bebas minyak, dan hindari peralatan yang terbuat dari kayu yang menyerap minyak.

2. Timbang semua bahan dengan teliti karena ketepatan ukuran sangat menentukan hasil akhir.

3. Seleksi dahulu telur yang akan dikocok. Sebaiknya pecahkan telur satu-persatu dalam wadah kecil terpisah sebelum dicampur, sehingga apabila terdapat telur yang kurang segar bisa dibuang sebelum tercampur dengan adonan.

4. Sesuaikan kapasitas mixer dengan adonan. Apabila kita menggunakan mixer dengan kapasitas kecil sementara adonannya banyak, kocoklah putih telur tersendiri, baru terakhir dicampurkan, kalau dipaksakan dikocok sekaligus bisa mengakibatkan adonan sulit mengembang dan hasilnya bantat.

5. Kocok telur dan gula mula-mula dengan kecepatan rendah, setelah tercampur rata baru kocok dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengental.

Halaman:

Editor: Iim Nurhalimah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nyupang Sapejetna di Tengah Harapan yang Tetap Tumbuh

Selasa, 22 Februari 2022 | 12:00 WIB

All New Honda Vario 160 Skutik Premium yang Sporti

Jumat, 4 Februari 2022 | 07:30 WIB

Figure, Versi Lain Spirit Doll Bagi Para Kolektor

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:00 WIB

Tips Ringan Mengatasi Susah Tidur

Senin, 10 Januari 2022 | 21:28 WIB

Tips Memasak Sayuran Agar Manfaatnya Maksimal

Minggu, 9 Januari 2022 | 19:53 WIB
X