Pupuk Cair Sederhana dengan Bahan Seadanya

- Selasa, 23 November 2021 | 05:03 WIB
PUPUK cair yang bahannya air cucian beras, kecap dan buah-buahan, sangat bagus untuk tanaman hias dan sayuran.* (Iim)
PUPUK cair yang bahannya air cucian beras, kecap dan buah-buahan, sangat bagus untuk tanaman hias dan sayuran.* (Iim)

jabaribernews.com -Bagi yang hobi bercocok tanam di rumah, baik yang berkebun di pekarangan, maupun menanam tanaman hias di teras, kebutuhan pupuk mungkin tidak sebanyak para petani komersil. Tapi tetap saja perlu persediaan.

Daripada harus beli pupuk kimia buatan pabrik, alangkah lebih baik kalau kita buat sendiri. Caranya sama sekali tidak rumit. Bahannya pun mudah didapat, dan biasa ada di dapur masing-masing.

Salahsatu bahan yang paling sederhana yaitu dengan memanfaatkan air cucian beras. Saat mencuci beras sebelum ditanak, jangan buang air cucian beras pertama yang masih kental tersebut.

Sisihkan dan masukan ke dalam botol bekas mineral atau bekas minuman bersoda.

Setelah itu tambahkan kecap, bisa menggunakan kecap kemasan ukuran 60 ml untuk satu botol air cucian beras, lalu tambahkan gula merah yang sudah dihaluskan, serta micin secukupnya.

Kalau ada, bisa tambahkan buah-buahan seperti pepaya atau mengkudu yang dihaluskan. Buah-buah yang sudah tidak segar pun tidak apa-apa, misalnya buah-buahan apkiran.

Tutup botol rapat-rapat, diamkan hingga dua minggu. Tetapi jangan lupa agar sekali dalam sehari tutup botol dibuka untuk mengeluarkan gas fermentasi. Kalau tidak, gas akan menggembung dan botol pupuk pun bisa meledak.

Setelah dua minggu, pupuk cair tersebut akan beraroma asam mirip aroma tape, yang menandakan pupuk sudah bisa digunakan. Bisa langsung diaplikasikan ke tanaman dengan cara melarutkan 1 takaran tutup botol dengan satu liter air, lalu disiramkan ke media tanam.

Selain itu, pupuk cair dari air cucian beras tadi bisa juga digunakan sebagai dekomposer untuk membuat pupuk organik.***

Editor: Nanang Supriatna

Tags

Terkini

Yang Memilih di Rumah Saat Musim Liburan

Selasa, 27 Desember 2022 | 21:26 WIB

Pilihan Jam Tangan Outdoor untuk Para Backpacker

Senin, 26 Desember 2022 | 20:02 WIB

Nyupang Sapejetna di Tengah Harapan yang Tetap Tumbuh

Selasa, 22 Februari 2022 | 12:00 WIB

All New Honda Vario 160 Skutik Premium yang Sporti

Jumat, 4 Februari 2022 | 07:30 WIB

Figure, Versi Lain Spirit Doll Bagi Para Kolektor

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:00 WIB
X