• Sabtu, 3 Desember 2022

10 Istilah Kripto yang Perlu Diketahui oleh Pemula.

- Minggu, 6 Februari 2022 | 13:33 WIB
Bitcoin atau BTC mata uang kripto termahal saat ini.
Bitcoin atau BTC mata uang kripto termahal saat ini.


jabaribernews.com -- Pada zaman serba digital seperti sekarang ini, mata uang dan alat pembayaran pun turut menggunakan sarana yang terdigitalisasi. Salah satunya yang sudah ramai digunakan di seluruh dunia saat ini yaitu Cryptocurrency.
Bagi yang masih awam dengan serba-serbi Cryptocurrency atau mata uang kripto ini, terlebih dahulu perlu mempelajari istilah-istilah paling mendasar.

Berikut 10 istilah dalam dunia kripto yang harus diketahui bagi pemula:

1. Cryptocurrency (Mata uang kripto): Mata uang atau aset digital terdesentralisasi tanpa ada otoritas tunggal yang  mengatur, dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran dengan menggunakan kriptografi yang kuat dan dibangun di atas konsep kriptografi kunci publik dan fungsi hash untuk mengamankan transaksi keuangan, mengontrol proses pembuatan unit tambahan, dan memverifikasi transfer aset.

Baca Juga: Sekda: Jawa Barat Rawan Bencana, BPBD Jabar Mesti Getapan

2. Blockchain (rantai blok): Sebuah teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan data digital yang terhubung melalui kriptografi atau data transaksi kripto. Terdiri dari serangkaian catatan data yang dikelola oleh sebuah sistem komputer yang tidak dimiliki oleh entitas apapun. Data transaksi ini disusun dalam blok-blok transaksi yang setiap bloknya dihubungkan dengan enkripsi yang tidak bisa dirubah. Aset digital yang berjalan di blockchainnya sendiri disebut dengan koin Crypto.

3. Miner: Seperangkat hardware dan software yang terhubung ke jaringan blockchain untuk melakukan mining (menambang) yaitu mencari dan mengumpulkan mata uang digital dengan memecahkan masalah matematika kompleks.  Tugas miner atau penambang ini adalah melakukan verifikasi transaksi, dan memasukkan sejumlah transaksi kedalam blok transaksi yang kemudian menjadi bagian dari rantai blockchain yang tidak terputus. Untuk melakukan tugas tersebut, mereka harus melakukan komputasi yang begitu banyak dalam waktu yang singkat. Jika berhasil melakukan tugasnya, mereka mendapat reward berupa koin dengan jumlah tertentu.

4. Wallet (Dompet): Aplikasi atau program software yang berfungsi untuk menyimpan pasangan private dan public key sebagai bukti kepemilikan sebuah aset mata uang kripto, digunakan untuk mengirim dan menerima berbagai token mata uang kripto dalam jaringan blockchain. Contoh wallet yang populer saat ini adalah Metamask, Indodax, Pintu, Trust Wallet, Binance, dsb.

Baca Juga: Kebijakan PTM 100 Persen Perlu Dievaluasi, Puan: Fokuskan dulu pada Vaksinasi Anak

5. Private key: Sebaris kode sepanjang 32 byte atau 256 bit yang digunakan untuk melakukan tanda tangan digital saat mengirim kripto kepada wallet lain. Fungsinya seperti pin ATM. Private key dihasilkan secara acak oleh wallet user dan menghasilkan pasangan public key menggunakan algoritma ECDSA agar tercipta pasangan yang unik.

Halaman:

Editor: Iim Nurhalimah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Istilah Kripto yang Perlu Diketahui oleh Pemula.

Minggu, 6 Februari 2022 | 13:33 WIB

Minyak Goreng dan Psikologi Sembako Panic Buying

Senin, 24 Januari 2022 | 16:58 WIB

Rumah Sakit Jiwa pun Perlu Buku Bacaan

Senin, 24 Januari 2022 | 11:00 WIB

Street Food Pentol Aboy

Sabtu, 22 Januari 2022 | 06:00 WIB

Penjual Makanan di Sekolah Ngarenghap Lagi

Jumat, 21 Januari 2022 | 19:44 WIB

Rujak Cihérang, Mendunia Berkat Do’a Uyut Eumpeuk

Selasa, 7 Desember 2021 | 17:00 WIB
X