• Sabtu, 3 Desember 2022

Rujak Cihérang, Mendunia Berkat Do’a Uyut Eumpeuk

- Selasa, 7 Desember 2021 | 17:00 WIB
Rujak Ciherang
Rujak Ciherang

RUJAK ciherang tidak berbéda dengan umumnya rujak: buah-buahan diiris kecil-kecil kemudian diberi bumbu gula merah yang telah diulek bersama bumbu-bumbu tertentu termasuk cabai rawit.

Perbedaannya dengan rujak yang lain adalah rujak ciherang memiliki sejarah panjang, melewati tiga jaman serta banyak yang menyukainya hingga generasi sekarang.

Sebenarnya Ciherang (bhs. Sunda, berasal dari kata ci dan herang, ci artinya air dan herang artinya bening) merupakan nama sebuah kampung yang berada di Desa Kiangroke, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kurang lebih lima kilometer dari Soreang, ibu kota Kabupaten Bandung.

Di Kampung Cihérang ini, dipinggir jalan antara Soréang-Banjaran berdiri sebuah warung permanén, berukuran cukup besar, dilengkapi dengan mushola dan WC serta lahan parkir yang luas.

Di papan namanya terbaca: Rujak Ciherang. “Nama rujak yang dijual di sini memang diambil dari nama kampung Ciherang,” kata Rosadi, pemilik warung.

Rosadi merupakan salahsatu generasi keempat yang meneruskan usaha leluhurnya. “Yang merintis Rujak Ciherang buyut saya pada jaman Belanda,” ujarnya.

Hingga kini leluhur Rosadi menjadi legenda bagi masarakat Ciherang. Dijadikan figur panutan bahkan pahlawan dalam hal keuletan dan kesabaran dalam merintis usaha.

Uyut Empeuk, demikian nama buyut Rosadi, mulai berjualan rujak tahun 1918. Waktu itu, di kampungnya banyak pekerja yang sedang membuat jalan kereta api Bandung-Ciwidey.

Para pekerja termasuk tenaga ahli orang Belanda, sehabis bekerja membutuhkan makanan penyegar untuk mengembalikan kebugaran.

Halaman:

Editor: Nanang Supriatna

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Istilah Kripto yang Perlu Diketahui oleh Pemula.

Minggu, 6 Februari 2022 | 13:33 WIB

Minyak Goreng dan Psikologi Sembako Panic Buying

Senin, 24 Januari 2022 | 16:58 WIB

Rumah Sakit Jiwa pun Perlu Buku Bacaan

Senin, 24 Januari 2022 | 11:00 WIB

Street Food Pentol Aboy

Sabtu, 22 Januari 2022 | 06:00 WIB

Penjual Makanan di Sekolah Ngarenghap Lagi

Jumat, 21 Januari 2022 | 19:44 WIB

Rujak Cihérang, Mendunia Berkat Do’a Uyut Eumpeuk

Selasa, 7 Desember 2021 | 17:00 WIB
X