• Sabtu, 3 Desember 2022

Tren Spirit Doll atau Boneka Arwah, untuk Pesugihan atau Kesehatan?

- Rabu, 5 Januari 2022 | 13:50 WIB
Keluarga Onsu dan Ivan Gunawan memamerkan spirit doll yang mereka 'adopsi'.
Keluarga Onsu dan Ivan Gunawan memamerkan spirit doll yang mereka 'adopsi'.

jabaribernews.com -- Spirit doll atau boneka arwah tiba-tiba saja jadi fenomena viral beberapa waktu ini. Ditambah lagi dengan dipopulerkan oleh para selebritis dan influencer tanah air.

Spirit doll sendiri pada umumnya berupa boneka bayi yang skala posturnya dibuat semirip mungkin dengan postur bayi manusia. Boneka ini diperlakukan layaknya perlakuan pada bayi manusia. Diberi nama, pakaian, perawatan, dan kasih sayang.

Budaya spirit doll sendiri konon berasal dari Thailand yang di sana disebut dengan Luk Thep, yang artinya malaikat/dewa kecil. Luk thep tersebut diisi dengan arwah anak kecil melalui sebuah ritual khusus, lalu disimpan atau dipelihara sebagai pembawa keberuntungan pada pemiliknya.

Baca Juga: Merasakan Kehadiran Makhlus Halus di Padepokan Wa Idu Cimalaka, Bagian 1

Namun budaya luk thep tersebut kini sudah berkembang sedemikian rupa. Orang-orang yang memiliki Spirit Doll atau menurut istilah mereka "mengadopsi" beralasan bahwa fungsi boneka tersebut adalah untuk healing atau kesehatan psikologis, karena menurut mereka, boneka yang dianggap bagai anak sendiri itu bisa membawa kebahagiaan pada jiwa pemiliknya. Dan tak ada hubungannya sama sekali dengan hal gaib, pesugihan maupun ilmu hitam.

Di dunia psikologi dan kesehatan jiwa, boneka bayi yang dibuat serealistis dan seidentik mungkin dengan bayi asli disebut dengan "reborn babies". Boneka tersebut diperuntukkan bagi orang yang mengidap gangguan psikis akibat luka batin seperti kehilangan dan kesepian, bahkan bisa dipakai terapi untuk membantu menyembuhkan demensia dan alzheimer.

Baca Juga: Artis di List Muncikari Kasus CA Kebanyakan Pesinetron

Walaupun pada kenyataannya lebih banyak orang yang mengoleksi spirit doll karena sekedar mengikuti tren atau seru-seruan. Terlihat dengan maraknya komunitas-komunitas pemilik spirit doll dan banyaknya boneka arwah yang dijual atau ditawarkan di berbagai marketplace dengan harga bervariasi dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Mereka yang sudah membeli atau mengadopsi spirit doll pun akan dengan bangga memamerkannya di akun media sosial mereka. Sebagaimana yang dilakukan juga oleh para selebritis seperti Roy Kiyoshi, Ivan Gunawan, Celine Evangelista, Soimah, Ruben Onsu, sampai Lucinta Luna. ***

Editor: Iim Nurhalimah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X