• Sabtu, 3 Desember 2022

Mistis di Gunung Tangkubanparahu, Mahluk Jadi-jadian dan Batu Pawadon

- Minggu, 28 November 2021 | 15:01 WIB
PINTU masuk ke Gunung Tangkubanparahu, di pinggir jalan Bandung-Subang, di gunung ini menyimpan misteri.*
PINTU masuk ke Gunung Tangkubanparahu, di pinggir jalan Bandung-Subang, di gunung ini menyimpan misteri.*

GUNUNG Tangkubanparahu di tapal batas Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kabupaten Subang Jawa Barat tidak berbeda dengan gunung-gunung lain di negara kita dianggap menyimpan misteri.

Berkaitan dengan misteri di Gunung Tangkubanparahu terdapat tempat-tempat yang disakralkan, karena bertalian dengan legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi.

Selain tempat-tempat yang sakral, di Gunung Tangkubanparahu juga dipercaya selalu ada penampakan mahluk halus yang menyimpan misteri tertentu.


1.Harimau

Harimau jawa (Panthera tigris sondaica) pada tahun 1980-an sudah dianggap punah. Di Pulo Jawa, demikian juga di Bali, sudah tidak ada lagi yang namanya harimau.

Akan tetapi di hutan di Gunung Tangkuban Parahu konon masih sering ada tanda-tanda kehadiran harimau loreng pada malam hari. Tanda-tanda itu di antaranya, anjing sering kali kelihatan ketakutan.

Selain melolong pelan, anjing mencari tempat persembunyian. Sering bersembunyi misalnya di dekat pos pengamatan seismograf.

Baca Juga: Khanha Ade Kosasih Sunarya, Peserta Termuda Binojakrama Wayang Golek Purwa, Meraih Bokor Mas Kencana Astagina

Bila muncul harimau, binatang-binatang malam mendadak tidak kedengarannya, bahkan juga serangga malam. Keadaan mendadak hening dan mencekam.

Halaman:

Editor: Nanang Supriatna

Tags

Terkini

X