• Selasa, 6 Desember 2022

Tak Mau Dikonfirmasi, Kades Singawada Kabupaten Majalengka Memblokir WhatsApp Wartawan

- Senin, 11 April 2022 | 09:00 WIB
Ketua DPD Jawa Barat Gabungan Wartawan Indonesia (Gawaris), Asep Suherman menilai apa yang dilakukan oleh Kepala Desa Singawada yang menolak konfirmasi wartawan tidak elok
Ketua DPD Jawa Barat Gabungan Wartawan Indonesia (Gawaris), Asep Suherman menilai apa yang dilakukan oleh Kepala Desa Singawada yang menolak konfirmasi wartawan tidak elok

 


KABUPATEN MAJALENGKA, jabaribernews.com -Diduga tak mau melayani konfirmasi, Kepala Desa Singawada Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka Propinsi Jawa Barat berinisial E, memblokir nomor telpon dan WhatsApp sejumlah awak media.

Pemblokiran dilakukan setelah sejumlah awak media melakukan konfirmasi melalui WhatsApp terkait adanya dugaan kurangnya transaparansi dalam penggunaan anggaran dana desa tahap kesatu tahun 2022 yang dikeluhkan sejumlah warga.

Warga mengaku tidak pernah mengetahui pelaksaanannya.

Terkait adanya pemblokiran tersebut, ketua DPD Jawa Barat Gabungan Wartawan Indonesia (Gawaris), Asep Suherman menilai apa yang dilakukan oleh Kepala Desa Singawada tidak elok.

Baca Juga: Polsek Kadipaten Himbau Pengunjung Pasar Agar Tetap Patuhi Prokes

Pasalnya, menurut Asep, sebagai pejabat publik, di tingkat desa, kepala desa harus komunikatif dan dapat melayani siapapun termasuk wartawan yang dilindungi oleh UU 40 tahun2009 tentang Pers dalam menjalankan tugas kejurnalistikannya.

"Fungsi pers sebagai kontrol sosial dan juga dapat memfasilitasi pertanggung jawaban publik, Kalau pun hal yang dikonfirmasi itu tidak bermasalah, ya tinggal jawab saja, kalaupun bermasalah dapat diklarifikasi kepada publik, melalui wartawan," kata Asep.

"Seharusnya kepala desa menyadari jabatannya dipilih langsung oleh masyarkat, dan tentunya saat menjabat tentu ruang privasi berkurang," lanjut Asep.

Baca Juga: Ratusan Takjil dibagikan ke Ojek Online, Tukang Becak dan Disabilitas

Halaman:

Editor: Nanang Supriatna

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KBB The Beauty of Priangan dari Hengky Kurniawan

Selasa, 8 November 2022 | 08:22 WIB

IBI Kabupaten Majalengka Mengadakan Donor Darah

Kamis, 3 November 2022 | 05:38 WIB
X